Jumat, 14 November 2008

BAB 3

1.mengakses internet melalui televisi

Sinyal Video Komposit

Apa itu sinyal video komposit? Format sinyal ini disebut sinyal video komposit karena merupakan sinyal yang dikirimkan melalui kanal televisi pada sistem televisi analog dengan sistem Phase Alternating Line (PAL)– sistem televisi yang digunakan di Indonesia dan banyak negara di Asia dan Eropa. Sinyal ini akan dibangkitkan sebelum dikombinasikan dengan sinyal suara dan dimodulasikan dengan RF carrier.
Sinyal video komposit terdiri dari komponen-komponen sinyal, yaitu:sinyal informasi dan sinyal sinkronisasi

Sinyal informasi berupa sinyal data atau gambar. Sinyal ini akan dikonversi menjadi format digital yang bernilai biner (bit 0 dan 1).
Sedangkan informasi citra dalam sinyal video komposit terdiri dari:

  • Informasi intensitas atau hitam-putih atau luminans (sinyal Y)
  • Informasi warna atau krominans (sinyal U dan V)

Sinyal sinkronisasi ada dua jenis, yaitu: sinkronisasi horisontal (line synch) dan sinkronisasi vertikal (field synch). Sinkronisasi horisontal terdapat pada setiap akhir baris, sedangkan sinkronisasi vertikal terdapat pada setiap akhir dari field.

Sebuah frame atau gambar yang tampak dalam layar televisi ditampilkan dalam 2 kali field, yaitu field baris ganjil dan field baris genap. Kedua field tersebut ditampilkan secara bergantian dan perubahan setiap fieldnya diperlukan sinkronisasi vertikal.

Untuk membangkitkan sinyal ini; diperlukan mikrokontroler yang terhubung ke bagian interface televisi. Mikrokontroler yang digunakan harus memiliki spesifikasi yang mampu beroperasi pada kecepatan tinggi, agar dapat dihasilkan tampilan beresolusi cukup tinggi.

Penyiaran Internet

Setelah dibangkitkan sinyal video komposit, perlu diperhatikan penyiaran internet melalui saluran televisi. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyiaran tersebut yaitu:

  • Kualitas image atau video: merupakan kualitas utama dalam penyiaran, menggunakan video streaming dalam proses enkodingnya.

  • Biaya: terdiri dari biaya untuk menciptakan program dan biaya distribusi.

  • Isi: merupakan bagian penting dalam menarik pengguna.

  • Client Hardware: dengan peralatan apa akses tersebut dapat diperoleh pengguna.

  • Sinergi: dibutuhkan interaksi antara elemen-elemen hardware dan software dalam penyiaran televisi.

Solusi Internet broadcasting ini merupakan solusi alternatif bagi masyarakat pedesaan yang sampai sekarang masih kesulitan mengakses Internet.

(http://netsains.com/2007/09/ayo-mengakses-internet-melalui-televisi/)

2.mengakses internet melalui handphone

Jika anda menggunakan ponsel CDMA nokia 6016i serta kabel data DKU5 untuk menghubungkan ponsel ( handset ) ke komputer ( PC ),
maka yang ada perlukan adalah perangkat lunak yang disebut driver yang harus didownload dan diinstall ke komputer agar kabel tersebut dikenali oleh komputer.

Sehingga koneksi ( komunikasi ) antara ponsel dan PC terbangun. Diperlukan pula driver ponsel Nokia 6016i agar perangkat keras ini dikenali oleh komputer.
Kemudian akses www.nokiausa.com dan download drive-drive yang diperlukan berserta aplikasi koneksi ke internet bernama PCsuite. Namun terkadang
setelah di install semuanya ke komputer, tetap saja modem ( yang diperankan oleh ponsel ) tidak dikenali oleh kompuater.

Biasanya, driver kabel DKU5 yang disediakan oleh nokia tidak kompatible. Sementara Driver kabel DKU5 yang biasanya berhasil mengenali modem ponsel Nokia adalah
keluaran Prolific yang beralamat di www.prolific.com.tw/eng/support.asp. Masuk ke menu support>download center.

Pilih kategori USB and Firewire > USB to I/O Contollers.

Pilihlah kategori PL-2303 Software and Drivers. Pilih paket data
wd_pl2303h_hx_x_w20019v2021.zip dan download.

Setelah di install dan restart komputer, modem ponsel nokia 6016i dikenali oleh komputer.
Jika ponsel Anda juga keluaran Nokia dan menggunakan kabel DKU5, silah coba driver dari Prolific ini.
(http://hargahandphone-baru.blogspot.com/2008/07/mengakses-internet-dengan-handphone.html)

3.mengakses internet dari via ISP

1. Dalam prakteknya, setiap ISP memiliki metode berbeda dalam memberikan layanan internet. Ada yang melalui gelombang wireless (radio), via satelit (antena VSAT) atau jaringan kabel. Masing-masing ISP tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Untuk ISP wireless misalnya, biasanya dipilih oleh pelanggan di perkantoran yang masih dalam satu wilayah/ kota. Pelanggan ISP melalui satelit biasanya digunakan mengingat adanya keterbatasan jaringan komunikasi (saluran telepon) yang memadai di suatu wilayah karena terpisah hutan belantara dan lautan. Ya, salah satu kelebihan akses ISP melalui satelit adalah daya jangkaunya yang mencapai 99% di seluruh permukaan bumi.


Sedangkan akses internet ISP dengan jaringan kabel, sebenarnya terbagi ada yang melalui kabel telepon biasa, kabel Unshielded Twisted Pair/ UTP (mirip dengan kabel telepon biasa tapi dengan kapasitas lebih besar), kabel coaxial (menyerupai kabel TV) dan kabel fiber optic. Dalam hal ini, teknologi ISP yang menggunakan fiber optic mampu memberikan transfer data (bandwidth) di atas 2 Mbps (paling besar dibanding ISP wireless dan satelit) sehingga kenyamanan akses internet semakin terasa.

2. Selanjutnya mengenal teknologi ISP juga adalah faktor kecepatan transfer data (bandwidth). Pada umumnya setiap ISP mampu memberikan kisaran bandwidth berkisar antara 32 Kbps sampai dengan 512 Kbps baik untuk upload maupun download sesuai permintaan pelanggan. Faktor kecepatan bandwidth merupakan alasan utama yang membedakan antara koneksi internet melalui dial up dengan melalui ISP. Pasalnya ISP biasanya mampu memberikan kestabilan bandwidth yang diterima oleh pelanggan. Dengan begitu kenyamanan mengakses internet tetap terjaga.

Untuk mengecek besarnya bandwidth yang diperoleh bisa menggunakan aplikasi bandwidth meter yang biasanya diberikan oleh ISP. Namun, kalau mau kita juga bisa mengecek sendiri dengan mengunjungi situs bandwidth meter www.speedtest.ch. Akan lebih baik lagi bila ISP mampu memberikan akses internet cadangan (back up connection) apabila koneksi utama internet sedang tidak berfungsi.

3. Biasanya beberapa ISP juga memberikan layanan dan fasilitas tambahan kepada pelanggan diantaranya: a. Nama domain dan sub domain yang bermanfaat untuk membuat situs web. b. Fasilitas e-mail lengkap space (kapasitas) untuk menyimpan database data dari pelanggan. Dalam hal ini, banyak ISP yang memiliki server yang memang khusus disewakan atau memang khusus diberikan sebagai bonus kepada pelanggan. Kita bisa mengecek seberapa banyak dan kapasitas server yang dimiliki ISP tersebut. c. Aplikasi/ software khusus yang berhubungan untuk mengakses internet seperti web browser, portal software, database, meningkatkan keamanan (security), bandwidth meter, dsb. d. Perangkat keras (hardware) standar untuk koneksi standar seperti router (modem), hub, dsb

4. Faktor non teknis teknologi. Melihat jumlah pelanggan khususnya apabila ISP tersebut sudah mempunyai banyak pelanggan baik berasal dari kantor pemerintah atau perusahaan ternama merupakan jurus ampuh dalam memilih ISP. Semakin banyak pelanggan yang mengakses internet dari ISP, setidaknya memberikan jaminan mutu baik dari segi kualitas layanan (customer service 24 jam), harga berlangganan, izin resmi usaha ISP, kualitas perangkat teknologi yang digunakan dan sebagainya.

Mengenai besarnya harga layanan berlangganan akses internet melalui ISP tergantung dari besarnya kuota data dan kecepatan bandwidth yang diminta. Menurut pengamatan Warta eGov harga yang diberikan bervariasi mulai dari sekitar Rp 300 ribu (untuk kuota internet 1 GB) sampai tak kurang dari Rp 1 juta (untuk kuota internet tak terbatas).(http://jakarta.wartaegov.com/index.php?option=com_content&view=article&id=520&Itemid=63)

4.mengakses internet melalui modem

Modem (Modulator-Demodulator) adalah perangkat yang dewasa ini paling banyak digunakan untuk melakukan koneksi ke internet, khususnya melalui saluran telepon. Secara Fisik, modem dapat dibedakan sebagai modem internal dan modem eksternal. Ada beberapa pembagian lagi yang sifatnya lebih teknis, seperti error control, data compression protocol, dan sebagainya, namun pembagian semacam ini tidak akan kita bahas dalam tulisan ini.

Modem Eksternal dan Internal
Seperti tergambar dari namanya, perangkat modem eksternal berada diluar CPU. Modem External dihubungkan ke CPU melalui port COM atau USB. Modem jenis ini biasanya menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor. Keuntungan penggunaan modem jenis ini adalah portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain. Disamping itu dengan menggunakanmodem eksternal, tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. Modem eksternal juga dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem. Kerugiannya, harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal. Modem Eksternal juga membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil.
Berbeda denganmodem eksternal, modem internal terpasang langsung didalam CPU. Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard, biasanya pada slot ISA atau PCI. Penggunaan modem jenis ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain adalah lebih hemat tempat dan dari segi harga lebih ekonomis dibandingkan dengan modem eksternal. Karena telah terpasang di dalam CPU, maka modem jenis ini tidak membutuhkan adaptor seperti halnya modem eksternal sehingga sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel berseliweran yang bisa memberi kesan kurang rapi. Namun demikian, modem internal memiliki kelemahan berupa tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modemeksternal. Akibatnya agak sulit untuk memantau status modem (walaupun bisa dilakukan lewat software). Selain itu, modem internal tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus dicatu dari power supply pada CPU. Panas dari komponen-komponen dalam rangkaian modem internal juga akan menambah suhu dalam kotak CPU.(http://intothesilent.blogspot.com/2007/12/hardware-untuk-mengakses-internet-modem.html)


1 komentar:

admin full download gratis mengatakan...

sherly cantik deh, makasih infonya....

jangan lupa mampir ke blogku yah
http://www.kabpemalang.co.cc